Kisah Sukses CEO Termuda Dunia

Gopinath(lahir 4 November 1986) adalah CEO dan pendiri dari perusahaan Globals Inc.sebuah perusahaan IT yang memproduksi Web sites dan Software, memiliki 400 karyawan yang tersebar di seluruh dunia dan menjadi icon nasional negara India .
Limca Book of Records – Guniess Book of Records versi India mencatatnya sebagai Chief Executive termuda dunia. Suhas Gopinath memulai bisnis software-nya sejat umur 14 tahun dan karenanya menjadi icon kisah sukses anak India dibidang IT. Sekarang usianya baru 22 tahun namun telah memiliki bisnis bersakala dunia dengan 400 karyawan.

Pada tahun 2005, sebuah perusahaan investasi dari Houston, Texas menawarkan $100 juta untuk menjadi pemegang saham utama., Namun ditolak oleh Gonipath ,”setelah beberapa bulan berdiskusi “. Alasan untuk tanggapan negative ini :”Mengapa saya harus menjual bayi saya?”

Transformasi selama pertengahan 1990, Internet cafes pertama mulai dibuka di Bangalore, dengan ruangan hanya satu pintu bersebelahan dengan rumah Gopinath. Suadara saya Shreyas menaruh saya disana . Sata kagum. Internet telah merubah hidup saya. Dia selalau meluangkan setiap menit waktunya untuk online.Die belajar sendir bagaimana membuat sebuah Web sites. Dia membelanjakan setiap rupee yang dia punya yang di dapat dari internet cafe, kata ibunya . Gopinath mengaku, Saya tadinya adalah seorang murid yang pintar saat itu . Setelah bertemu dengan internet, Saya adalah murid yang pas-pas an. Sebelum menemukan dunia internet, dia bermimpi untuk menjadi dokter hewan.

Project pertamanya tahun 1998, saat itu usianya baru 13 tahun, Gopinath meluncurkan website pertamanya : http://www.coolhindustan.com. Saya ingun memberikan orang India yang tersebar di dunia melalui sebuah forum untuk mempublikasikan kejadian-kejadian yang ada, tips makandiluar dan setiap hal lain yang mereka minati. Web sitenya menjadi populer – termasuk menarik para hacker dari Pakistan. Mereka menyerang orang Hindustan dan mengganti logo Web site nya dengan “Cool Pakistan”. Itu sebuah pengalaman yang sangat buruk , kata Suhas . Dia menolak project itu. Semenjak itu , pencari bakat dari Silicon Valley telah mendengar tentang Suhas Gopinath dan sebuah perusahaan “Network Solutions” mengundang anak muda India ini ke kantor pusatnya di San Jose, California. Inilah pertama kalinya dia naik pesawat terbang dan sekaligus perjalanan pertamanya keluar negeri. Mereka menawarkan perkejaan. Mereka juga mau membayar semua kebutuhan sekolahnya di United States, kata Suhas.

Jawabannya, ternyata adalah “tidak”, kenapa saya harus bekerja untuk perusahaan lain padahal saya bisa bekerja untuk perusahaan saya sendiri ?

Bersama Abdul Kalam (Mantan President)

 

 

200 Customers di Seluruh Dunia
Perusahan Gopinath menjadi web-based dan software solutions, mobile dan e-commerce solutions – disamping membuat web sites untuk korporasi, periklanan dan institusi pendidikan. Sematara Global mempunyai 200 customers di seluruh dunia dan saat ini mempunyai kantor di 11 negara dengan 65% perputaran bisnisnya di Eropa. Anak muda India yang sangat cerdik dalam mengidentifikati ceruk pasar yang belum terisi. Mereke membangun software untuk sekolah, seperti membantu guru untuk lebih mudah mengetahui kehadiran dan memungkinan para orangtua murid untuk memeriksa anaknya hadir di kelas – semacam absen electronik. Pemerintah India terkejut dengan ide itu dan akhirnya mengontrak Globals untuk set up programnya di 1,000 sekolah !!!!!. Sekarang baru yang ke 21, Gopinath berpikir akan memindahkan kantor pusat ke India – meskipun ada 125 orang sekarang yang bekerja di berada di San Jose dibandingkan hanya 25 di Bangalore. APa yang akan terjadi dengan para karyawannya di United States? Kita akan lihat , kata Gopinath . ” Akan datang Perkembangan Baru dari Bangalore”.

Sumber :  http://bjuragan.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s