Kebiasaan Entrepreneur Sukses yang Paling Esensial

Banyak sekali dari buku-buku kewirausahaan, seminar, dan pelatihan-pelatihan bisnis yang mengungkap banyak sekali rahasia-rahasia kesuksesan seorang entrepreneur.

Termasuk sewaktu Kak Arry menghadiri Pesta Wirausaha Komunitas TDA (Tangan di Atas) sebagai perwakilan dari TDA Depok. Acara yang sangat dahsyat! Untuk itu Kak Arry akan “merangkum” dari berbagai macam referensi dan seminar yang diikuti, dikumpulkan dari catatan-catatan serta coretan di buku sakunya Kak Arry.

Penasaran apa saja kebiasaan-kebiasaan esensial pengusaha yang sukses ini? Silakan baca artikel ini selangkapnya.

1. Fokus Pada Solusi, Bukan Fokus Terhadap Masalah
Inilah kebiasaan paling umum yang dimiliki seorang pengusaha sukses. Proaktif terhadap masalah, fokus pada solusinya. Ketika ada masalah, bukan mengutuki masalah-masalah itu, tetapi langsung berpikir solusi apa yang bisa menyelesaikan masalah itu? Daripada mengutuk kegelapan, bukankah lebih baik menyalakan sebuah lilin?

2. Bertanggung Jawab 100% terhadap Hidup Ini
Bertanggungjawab 100% terhadap apa yang terjadi pada kehidupan ini. Seorang pengusaha yang memang mengukuhkan kesuksesan ternyata jarang sekali untuk menyalahkan orang dan lebih merasa bertanggungjawab atas setiap apa yang terjadi dalam hidup mereka.

3. Action – Oriented
Perngusaha-pengusaha sukses cenderung lebih mementingkan tindakan. Bukan berarti perencanaan itu tidak penting, tetapi terkadang adakalanya hidup ini lebih membutuhkan fleksibilitas dalam realitasnya. Maka untuk itu mereka lebih mementingkan aksi-aksi nyata dan berbuat sesuatu.

4. Menikmati Hidup dan Belajar dari Masa Lalu
Ternyata para pengusaha sukses itu menikmati saat-saat hidupnya. Ya, itu karena mereka melakukan pekerjaan yang mereka sukai. Mereka menikmati hidup dengan menjadi seorang expert pada apa yang mereka cintai. Dan satu catatan lagi, mereka selalu belajar dari masa lalu mereka, bukan melupakannya.

5. Pembelajar Seumur Hidup
Tahukah bahwa para pengusaha yang sukses merupakan seorang yang terus-menerus belajar? Mereka selalu tidak puas terhadap apa yang mereka pelajari. Semakin mereka belajar, semakin mereka mengerti bahwa sesungguhnya mereka itu bodoh. Seperti kata Sang legenda Steve Jobs, “Stay Hungry, Stay Foolish”. Tetaplah merasa lapar, dan teruslah merasa bodoh. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Mengaku berpengalaman 10 tahun benar-benar berpengalaman 10 tahun, bukan pengalaman 1 tahun yang diulang-ulang selama 9 tahun. Terus belajar dan menjadi pembelajar.

6. Selalu Memberi Lebih Banyak daripada Apa yang Diterima
Ini adalah sosok seorang pengusaha sukses mulia yang saya kenal. Belajar dari pengusaha-pengusaha hebat, ternyata ada satu hal yang saya dapati: mereka hidup dengan sederhana dan mereka banyak memberi kepada sesama. Semakin maju bisnis mereka, semakin besar pula mereka memberi. Persis sama dengan sifat dari Rasulullah saw. Menjadi rahmatan lil ‘alamin dengan jalan sebagai pengusaha.

7. Menjadikan Kegagalan sebagai Pembelajaran
Pengusaha sukses selalu menghadapi tantangan dan tidak pernah takut akan kegagalan. Kegagalan itu adalah media belajar. Kalau kata Pak Sandiaga Uno, yang merupakan 30 besar orang terkaya di Indonesia, beliau pernah pada awal memulai bisnisnya ditolak terus ketika mengajukan proposal di bank. Tidak cukup sekali, dua kali, tetapi bahkan hingga 15 kali. Bayangkan jika Pak Sandi putus asa pada percobaannya yang ke-10? Belum tentu beliau bisa menjadi orang sukses seperti sekarang. Setiap ada kesalahan atau kegagalan, dicarilah kemudian sebabnya dan kemudian selalu mencari strategi yang lebih tepat untuk percobaan selanjutnya.

8. Mengetahui Pentingnya Perencanaan dan Penetapan Tujuan
Walaupun mementingkan aksi dan tindakan, tetapi pengusaha sukses pasti memiliki target yang akan mereka capai. Sehingga apa yang mereka lakukan dan waktu yang mereka korbankan pasti mengikutsertakan tujuan mereka. Sehingga mereka tidak pernah berlaku sembarangan, kecuali itu berhubungan dengan tujuan mereka.

Sumber : http://www.arryrahmawan.com

One thought on “Kebiasaan Entrepreneur Sukses yang Paling Esensial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s