Inspirasi Sukses Dari Pendiri Virgin Record

Richard Branson dilahirkan pada tahun 1950 di Blackheath, London. Disekolah branson menonjol dalam atletik, tapi menderita disleksia ringan dan terseok seok secara akademis.

“Siapa yang peduli ejaan buruk saya tersebut,” begitu sikapnya. Sampai cedera lutut menghancurkan peluangnya menjadi bintang olahraga. Dia akhirnya menghabiskan banyak waktu di perpustakaan . Disana dia memimpikan berbagai ide bisnis.
Kemudian dia menemukan sebuah ide yang akhirnya sukses.Sambil terus berjuang dengan pelajarannya,Branson menciptakan majalah student. Ini di tahun 1960 an,dimana kesadaran para siswa meningkat. Pada tahun 1967 , dari bilik telepon dekat sekolahnya, dia menjual cukup kolom iklan untuk menerbitkan edisi pertamanya. Dia mendorong operator telepon untuk menghubungkannya dengan calon-calon klien, membuatnya seolah-olah dia memiliki sekretaris.

Dia menyelesaikan kuliahnya dan pergi ke London dimana majalahnya itu laris manis, menarik orang-orang hebat untuk di wawancarai. (Mick jagger), para kontributor(James Baldwin), Serta para ilustrator dan juru-juru photo hebat. Pada saat itu kepala sekolahnya meramalkan Bradson akan masuk penjara atau menjadi Jutawan.

Branson mengatakan dirinya menjadi wirausahawan karena tidak ada pilihan lain, harus menghasilkan cukup uang agar Student tetap terbit. Kapital awal dari ibunya senilai 7 dollar AS ( terhitung besar baginya) telah habis di gunakan. Dari kantor pusatnya berupa kamar kos penuh sesak di London, Branson mendapat gagasan untuk menjual piringan hitam dengan harga diskon lewat pos dan dapat di pesan melalui Student. Dia menyadari potensi besar menguntungkan di tengah kaum Imuda Inggris yang gila musik. Usaha ini di berinya nama Virgin Mail order, karena usahanya itu di jalankan oleh dirinya yang masih ” perawan dalam hal bisnis “, dan merk itu pun lahir.

Toko Virgin record pertama menyusul tidak lama kemudian pada 1971 di Oxford street, London Inggris. Lalu sebuah studio rekaman Virgin di bangun di Oxfordshire dan Virgin records di luncurkan pada 1973. Dalam kurun waktu 2 dekade berikutnya , label ini menaungi band- band seperti Mike Oldfield (yang membuat branson memberikan Bransom sejuta pertamanya dengan merekam lagu ” Tubular Bells”), Sex Pistols , Phil Collisns, Boy George , dan Janet Jackson.

Sepanjang karir nya , Branson selalu mencari lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan virgin, khususnya di area dimana bisnis lain di pandang ” terlalu gemuk dan nyaman ” area-area dimana virgin dapat masuk dan menawarkan diskon. Kini di perkirakan ada 250 perusahaan di bawah merk Virgin. Kebanyakan di miliki secara pribadu , usaha usaha ini mencakup telepon seluler , maskapai penerbangan , layanan vinansial , sebuah agen modeling , layanan pernikahan , anggur , kosmetik , minuman ringan dan toko musik besar. Majalah forbes menggambarkan Branson sebagai seorang kapitalis yang senang membuat usaha, menggunakan dana dari perusahaan-perusahaannya yang sudah mapan untuk membuat perusahaan baru, memanfaatkan reputasi virgin untuk memulai usaha – usaha baru tersebut. Nih ini prinsip-prinsip beliau nih.

1. Kerjakan Saja

Quote:

Percaya bahwa apa pun dapat dikerjakan, tetapkan Sasaran. Nikmati hidup sepenuh mungkin. Jangan pernah menyerah. Buat persiapan sebaik mungkin
percaya kepada diri sendiri. Saling membantu
“Andai ada sesuatu yang sungguh ingin anda perbuat, kerjakan saja. Apapun sasaran anda, anda tak akan pernah berhasil kecuali anda membuang rasa gentar anda”

2. Bersenang-senanglah

Quote:

Bersenang-senanglah, tapi sambil kerja keras maka uang akan datang. Jangan buang waktu, samabar peluang di depan anda. Ambil sikap positif dalam hidup. Apabila tidak menyenangkan, tinggalkan.
“Bersenang-senanglah dalam kehidupan pribadi anda, maka anda akan lebih bahagia dan menikmati hidup anda, dan akhirnya pekerjaan anda juga”.

3. Jadilah Pemberani

Quote:

Pertimbangkan resiko yang baru diambil. Percaya kepada diri sendiri. Kejar cita-cita dan sasaran anda. Jangan mudah menyesal. Beranilah dan jangan ingkar janji.
“jangan sekali-kali menengok ke belakang. Anda tidak dapat mengubah masa lalu. Banyak orang mempunyai sasaran lebih anggun. Akan tetapi apa pun hasrat anda, berjuanglah untuk meraihnya. Selalu siap menanggung resiko dan berhati-hatilah karena resiko itu terlalu acak dan sulit diramalkan, tetapi ingat andai anda memilih hidup yang aman, anda tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya meraih kemenangan.”

4. Tantang Diri Sendiri

Quote:

Arahkan bidikan anda tinggi-tinggi. Cobalah hal-hal baru. Selalu mencoba dan tantang diri sendiri.
“tantangan adalah inti dan pegas utama semua kegiatan manusia. Ketika bertemu lautan, kita menyebranginya. ketika ada penyakit, kita mencari obatnya. Ketika ada yang salah, kita membetulkannya. Ketika ada rekor, kita memecahkannya. Dan ketika ada gunung, kita mendakinya.”(James Ullman) .


5. Berdiri di atas kaki sendiri

Quote:
Bergantung pada diri sendiri. Kejar cita-cita anda, namun hiduplah di dalam dunia nyata. Jalin kerja sama.
“Saya percaya kepada diri sendiri. Saya percaya kepada tangan-tangan yang bekerja, otak-otak yang berpikir, dan hati yang berbela rasa”
6. Nikmati setiap detik anda
Quote:
Cintailah hidup dan nikmati sebanya-banyaknya. Nikmati setiap saat dan lakukan perenungan. Jadikan setiap detiknya berharga dan jangan mudah menyesal.
“Banyak orang yang selalu memandang ke depan dan mereka tak pernah tahu yang baru saja mereka jalani. Saya tahu sasaran itu penting, uang juga penting. Akan tetapi pada dasarnya uang hanya sarana, bukan tujuan itu sendiri. Dan yang terjadi pada detik-detik ini sama penting dengan yang anda rencanakan untuk masa depan.”
7. Hargai teman dan keluarga
Quote:
Dahulukan keluarga dan kelompok. Selalu setia dan hadapi masalah secara langsung. Uang untuk memungkinkan sesuatu terjadi. Pilihlah orang yang tepat dan hargai bakat.
“Andai orang bertanya-tanya tentang apa yang paling saya percayai di atas segala-galanya, saya akan menjawab keluarga. Bahkan meskipun saya telah diajari untuk berdiri di atas kaki sendiri, tanpa keluarga dan teman yang loyal saya akan jatuh”
8. Bersikap Hormat

Quote:
Bersikap sopan dan hormat. Kerjakan yang benar saja dan pertahankan terus nama baik. Jujur dalam urusan apapun.
“Jujurlah dalam setiap urusan anda. Jangan menipu tetapi tetap berjuang untuk meraih kemenangan. Jangan pernah mengerjakan sesuatu yang membuat kita tidak bisa tidur nyenyak.”
9. Berusaha berbuat baik

Quote:
Ubahlah dunia, bahkan meskipun hanya sedikit. Perbuatlah sesuatu yang berbeda demi orang lain. Jangan merugikan orang lain. Selalu percaya dapat mengerjakan sesuatu untuk menolong.
“Saya berharap kami dapat terus mengubah dunia ke arah dunia yang lebih baik.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s