Kakap Tahu Kriuk Kreasi Anak Muda

Beragam cara di lakukan orang untuk bisa menikmati gurihnya daging ikan Kakap segar. Di Gresik Jawa Timur, kumpulan anak muda berhasil menciptakan menu baru dengan bahan ikan Kakap bernama, Kakap Tahu Kriuk, yang memadukan gurihnya daging ikan Kakap dengan rasa khas Tahu. Kini, Kakap Tahu Kriuk telah menjadi ikon tersendiri di kota Gresik.

Selama ini, kota Gresik di kenal dengan makanan khasnya berupa Otak-Otak Bandeng, di mana, daging ikan Bandeng di keluarkan, kemudian di campur bumbu tertentu untuk kemudian di masukkan lagi kedalam kulit bandeng. Hasilnya, lauk pauk Otak-Otak Bandeng yang lezat.

Hampir sama dengan Otak-Otak Bandeng, akhir-akhir ini, sekumpulan anak muda di jalan Riau, Perumahan Gresik Kota Baru, yang selama ini membuka usaha catering makanan, berhasil menciptakan menu Kakap Tahu Kriuk. Yakni, perpaduan gurihnya daging Kakap dengan rasa Tahu yang khas. Bahkan, Kakap Tahu Kriuk, saat ini berkembang menjadi makanan favorit baru, karena nilai gizinya yang tinggi.

Cara membuatnya mudah. Mula-mula, ikan Kakap di cuci bersih, kemudian isi dalamnya berupa daging dan tulang, di keluarkan. Tulangnya di buang, sedangkan dagingnya di campur dengan Tahu dan sejumlah bumbu, seperti merica, bawang putih dan lain sebagainya.

Setelah halus, campuran daging Tahu kemudian di masukkan kembali ke dalam kulit ikan. Kakap Tahu, selanjutnya di kukus selama 15 menit.

Proses selanjutnya dalah mengolesi Kakap Tahu dengan tepung roti, agar terasa renyah saat di makan. Kakap Tahu kemudian di goreng.

Setelah Kakap Tahu matang, di lanjutkan dengan membuat sambal asam pedas, agar cita rasa Kakap Tahu, lebih terasa nikat. Sambal ini terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabe rawet dan cabe merah di campur kecap dan saos. Dengan masaknya sambel, hidangan Kakap Tahu Kriuk, siap di nikmati.

Titik Zubaidah, adalah pencetus menu Kakap Tahu Kriuk. Ide awal memunculkan menu ini adalah karena banyaknya orang yang suka makan ikan laut tapi tidak suka bau amisnya. Dengan menu ikan Kakap Tahu Kriuk ini, bau amis Kakap, hilang dan berganti bau kelezatan. “Bau amis ikan Kakap hilang dan berganti kelezatan”. Ujar Zubaidah.

Meski baru berjalan hampir 1 tahun, kini, Kakap Tahu Kriuk telah menjadi ikon tersendiri di kota Gresik. Dalam sehari, Titik Zubaidah bersama 3 orang rekannya, mampu menghabiskan 100 ekor ikan Kakap yang rata-rata memenuhi pesanan kalangan pengusaha dan buruh pabrik. Untuk 1 porsi ikan Kakap besar di jual 15 ribu rupiah. Sedangkan ukuran kecil, dijual 7.500 rupiah.

Di samping kelezatannya, Kakap Tahu Kriuk juga mengandung gizi tinggi, karena terdiri dari bahan ikan laut serta Tahu yang mengandung kalori tinggi yang baik untuk kesehatan.

Sumber : http://www.berita86.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s