Bubur Kacang Hijau Banyak Penggemar

Usaha bubur kacang hijau bisa terangkat di pasaran, karena memiliki banyak manfaat. Salah satunya praktis disajikan dan bergizi tinggi. Saat cuaca sedang dingin di pagi hari maupun di malam hari, bubur kacang hijau yang disajikan hangat ini bisa jadi pilihan utama. “Olahan kacang hijau dalam bentuk bubur termasuk penganan terasa manis yang tergolong ramai dicari di masyarakat, selain olahan penganan yang menggunakan bahan baku dari beras ketan,” kata Totok, karyawan salah satu rumah makan yang sekaligus menyediakan beragam penganan di Denpasar.

Terang Totok, rasa bubur olahan dari kacang hijau ini cukup menghangatkan dengan komposisi air, kacang hijau, gula kelapa dan jahe serta tanpa tambahan bahan pengawet. Paduan rasa manis dari gula, kelapa dan kacang hijaunya cukup pas dan rasa jahenya juga terasa meskipun tidak terlalu menyengat.

Jadi, bisa diterima lidah semua kalangan. Dari segi manfaat kesehatan, imbuhnya, bubur kacang hijau ini juga banyak mengandung vitamin dan mineral.

Salah satunya vitamin B1 dan B2, merupakan vitamin yang terkandung dalam kacang-kacangan. Protein (zat pengatur dan pembangun), kalsium (untuk ketahanan tulang dan gigi) dan zat besi (antianemia).

Jelasnya, semua manfaat tersebut, tidak heran bila sejak dahulu ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengkonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Di pasaran harga bubur kacang hijau ini ditawarkan relatif terjangkau dengan berkisar di bawah Rp 5.000 per porsi.

Biasanya transaksi pembelian bubur kacang hijau ini biasanya ramai pada pagi hari terutama saat liburan, sebab saat itu kebanyakan orang melakukan aktivitas olah raga pagi dan seringkali mengkonsumsi bubur kacang hijau ini setelah melakukan aktivitas tersebut.

Akuinya, saat liburan tiba rata-rata penjualan bubur kacang hijau bisa mencapai 50 mangkok, sedangkan pada hari biasa permintaan rata-rata laku 20-an mangkok per hari.

Hal senada diungkapkan Sukriman, pebisnis sejenis lainnya. Kata dia, kacang hijau ini bisa dijadikan peluang bisnis, salah satunya dalam bentuk bubur. Tidak itu saja, sari dari kacang hijau juga dapat diolah menjadi minuman, sama seperti dengan olahan dari susu kedelai yang juga tidak kalah nilai gizinya.

“Bubur kacang hijau umumnya diusahakan oleh usaha kecil rumah tangga dan kini sudah banyak diusahakan belakangan ini,” tandasnya. Gerobak Sepeda Motor Pak Sobari Mangkal di Jl. Merbabu, dekat Laboratorium Prodia Malang; – Pak Sobari memulai usaha berjualan bubur sejak 1978 dengan gerobak dorong di sekitar Jl. Merbabu, namun pada 2004 ia berganti menggunakan sepeda motor agar dapat berkeliling ke wilayah lain di kota Malang.

Ciri khas Bubur Ayam Pak Sobari adalah buburnya kental dan tidak berkuah, dengan isi seperti ayam, cakwe, dan sate telur/jeroan. Rasa buburnya gurih dan kental.

Menu andalan :
Bubur ayam Rp4.000
Bubur kacang hijau Rp4.000

Begitu pula dengan Bubur Kacang Hijaunya. Kacang hijau yang diolah dikupas terlebih dahulu. Sehingga bubur kacang hijaunya terasa lembut namun tidak hancur. Rasanya manis dan beraroma wangi. Sangat menggoda selera!

Meski berjualan dengan gerobak di atas sepeda motor, Pak Sobari selalu menjaga kebersihan makanan yang disajikan dengan senantiasa mengemas dalam tempat tertutup. Buka setiap hari pukul 09.00-15.00 wib, pukul 15.00-17.00 mangkal di depan Toko Angkasa, hari Jumat libur.

Sumber : /www.suaramedia.com

2 thoughts on “Bubur Kacang Hijau Banyak Penggemar

  1. boleh juga ni… cuma menurut ane bubur kacang ijo kurang variatif, rasanya cenderung sama sampai susah mengembangkan ragam rasa biar punya ciri…

    gimana yah ngembangin bisnis kacang ijo ini biar maju???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s