Bisnis Botol Bekas Raih Omzet Jutaan Rupiah

Bisnis real apa yang tidak perlu bermodal besar, selain hanya kreativitas yang tinggi? Jawabannya adalah bisnis produk-produk daur ulang. Seseorang yang cermat melihat peluang ini adalah Bob Novandy. Yang menariknya lagi, seperti dikutip dari DetikFinance, Bob Novandy adalah mantan sekretaris pribadi dari salah satu anggota DPR.

Sejak tahun 2003, Bob telah menjalankan usaha daur ulangnya ini. Saat itu, pengrajin lampions daur ulang botol minuman bekas di Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini, mengaku terilhami saat melihat banyaknya botol-botol plastik bekas minuman yang dibuang begitu saja tanpa manfaat lebih lanjut.

Dengan tangan dingin dan kreativitasnya, hingga kini telah tercipta lebih 150 jenis bentuk botol daur ulang! Dan Bob membandrolnya dengan harga mulai dari 50 ribu hingga 500 ribu. Selain lampion dengan macam-macam bentuk dan ukuran, dia juga membuat tirai-tirai rumah, dan miniatur model kendaraan.

Walaupun hanya dikerjakan saat ada pesanan masuk saja, hasil karyanya sudah mampu merebut perhatian pembeli asal Hongkong. Target pasar yand dia incar adalah cafe, perumahan, lokasi kost dan lain-lain. Dikatakannya lagi “Bisnis ini untungnya gede, tapi ngggak rutin ordernya misalnya Coca Cola salah satu pelanggan saya, yang membeli untuk dikirim ke Hong Kong.”

Pola pemasaran yang diandalkannya saat ini, masih berpola mulut ke mulut. Dia bahkan tak memiliki sebuah gerai khusus yang menjual hasil karyanya. Bila ada yang berminat, biasanya mereka langsung bertandang ke rumahnya di kawasan Kebon Jeruk.

Mau tahu berapa omzet sebulan yang Bob peroleh jika sedang penuh order? 20 juta rupiah omzetnya, ini dia capai dengan memproduksi lampions hingga 300 unit saat banyak order.  Hebatnya lagi, bagi lulusan IISIP Jakarta ‘80 ini, untuk menghasilan hasil karya yang bernilai tinggi, hanya diperlukan bahan baku yang rata-rata 4 ribu rupiah per kg. Dan bisa dapat dengan mudah diperoleh dari para pemulung.

Sumber : http://www.smartkios.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s