Pengusaha Indonesia Ikuti China-ASEAN Expo

578276Sebanyak 83 perusahaan asal Indonesia mengikuti The 8th China-ASEAN Expo yang diselenggarakan di Nanning Guangxi, China. Pameran ini dijadwalkan berlangsung selama sepekan yakni  21-26 Oktober 2011.

Dalam rilis yang diterima KOMPAS.com, Jumat (21/10/2011), Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kementerian Perdagangan, Nuryati Lagoda, mengatakan, keikutsertaan ini adalah tindak lanjut hasil kesepatakan yang dibentuk pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-China ke-7 pada bulan Oktober 2003 yang lalu di Bali.

“Dalam rangka kerja sama ekonomi ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA), kesepuluh negara ASEAN dan China sepakat untuk lebih memperkuat hubungan kerja sama ekonomi, terutama hubungan perdagangan dan investasi,” ujar Nuryati.

Perjanjian ACFTA, lanjut Nuryati, sebenarnya menguntungkan kedua belah pihak. Setelah diberlakukannya ACFTA, total perdagangan Indonesia dan China meningkat. Selama Januari-Juni 2011, peningkatan nilai total perdagangan mencapai 36,9 persen dari periode yang sama tahun 2010.

Hal yang sama juga terjadi pada nilai ekspor dan impor non migas yang masing-masing naik 48 persen dan 32,2 persen. Adapun puluhan perusahaan nasional tersebut terdiri dari perusahaan yang bergerak di produk-produk potensial, diantaranya furnitur, kerajinan, fesyen, perhiasan, sumber daya mineral, dan makanan olahan.

Tidak sebatas memperkenalkan produk saja, Indonesia juga memperkenalkan potensi wisata dan peluang investasi beberapa provinsi di Indonesia. Salah satu yang ditampilkan dalam pameran tersebut yaitu potensi daerah dan seni budaya Papua. Termasuk juga dalam rangkaian acara adalah China-ASEAN Business and Investment Summit dan the CAEXPO Roundtable Meeting on Investment Cooperation yang pelaksanaannya didukung oleh Kementerian Perdagangan China.

“Pertemuan antara delegasi negara anggota ASEAN dan China ini merupakan ajang pertukaran informasi mengenai investasi dan bisnis di masing-masing negara,” tambah Nuryati.

Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s