Membuat Game Kreatif Dalam 24 Jam

Game kreatifMembuat game untuk smartphone dan tablet bukan hal yang mudah karena butuh kreativitas tinggi. Namun, membuat aplikasi yang kreatif untuk diamainkan juga tidak harus butuh waktu lama. Setidaknya acara Acer Iconia Hack Day berhasil menunjukkan bahwa membuat game asyik cuma butuh waktu 24 jam.

Dalam Social Media Festival 2011, pekan lalu, Acer Iconia Hack Day berlangsung sejak pukul 16.00 WIB tanggal 23 September 2011 dan berakhir tanggal 24 September 2011 di jam yang sama. Event ini merupakan lomba bagi para developer untuk menciptakan aplikasi bertema entertainment yang bisa berjalan di Android Honeycomb atau Android 3.0.

“Semua memulai pemrograman di tempat ini dari nol, mereka sama-sama membangun aplikasi menggunakan bahasa programming Java. Masing-masing tim bisa menguji-coba aplikasinya di Trial Corner yang telah disediakan,” jelas Arthur Panggabean, Marketing Communication Acer, Jumat (23/9/2011) lalu.

Dalam waktu 24 jam itu, para finalis diperbolehkan untuk makan, istirahat, dan membagi tugas bersama rekannya, karena masing-masing tim terdiri dari 2 orang. Tanggal 24 September 2011, kegiatan pun dihentikan dan semua finalis melakukan final pukul 20.00 WIB. Masing-masing finalis diberi waktu untuk menginstal aplikasi mereka di Acer Iconia Tab A500 dan A501. Kemudian masing-masing tim mendapat giliran mempresentasikan aplikasinya di hadapan dewan juri selam 3 menit.

Dewan juri yang akan memberikan penilaian adalah Dani Wirianto (Kaskus), Enda Nasution (founder Salingsilang.com), dan Donald Situmorang (Acer Representative). Kriteria penilaian berfokus pada kemampuan aplikasi yang dibangun untuk berjalan dengan baik (tidak crash atau hang saat diaplikasikan), sesuai dengan tema, kreatif, dan mengandung unsur estetika.

“Acer belum berencana untuk melakukan kontrak eksklusif dengan para pemenang, namun tidak menutup kemungkinan akan melakukannya. Untuk sementara Acer akan membantu menjadi marketing, mempromosikan aplikasi yang mereka bangun,” jelas Arthur.

Dari 449 tim yang mendaftar, hanya 26 tim yang terfilter dan layak mengikuti Acer Iconia Hack Day. Hasilnya, aplikasi bernama “Mystical Planet” buatan Ecky Putrady dan Dimas Tri Ciputra menjadi juara Acer Iconia Hack Day 2011. Aplikasi buatan mereka berupa game luar angkasa yang menguji pemain menembak pesawat musuhnya. Acer berencana game tersebut ke Android Market dan tablet buatannya. Selain itu, Acer juga memberikan penghargaan kepada Muhammad Hakim, Supardi, dan Ihsan Fauzi.

Sumber : http://tekno.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s